Link Banner
Tuesday, October 20, 2015

Kisah Aneh dan Unik Dibalik Mata Uang Dunia

Uang, Pengetahuan, Zimbabwe, Dollar, Rupiah

Sejatinya kita mengenal uang sebagai alat transaksi utnuk melakukan pembelian dimanapun kita berada. Namun tahukah kalian kalau ternayat dibalik fungsi utamanya yang sebagai alat transaksi jual beli, ternayat banyak uang yang memiliki kisah tersendiri dalam bentuk maupun proses pembuatannya. 


Beberapa hal unik tersebut mungkin dapat kita lihat secara langsung, namun beberapanya lagi harus melalui proses pencaharian dengan seksama. Nah, seperti apakah beberapa keanehan yang ada pada mata uang di dunia? Cek it out, mari kita simak rangkumannya!

1. Uang Rp. 10.000 Memiliki Lambang Illuminati!
Mendengar kata illuminati, tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Iluminati sendiri merupakan sebuah kelompok sekte sesat yang dikabarkan telah mengendalikan dunia dan negara sejak 1776 tahun yang lalu hingga saat ini. Menurut beberapa pendapat juga, Illuminati juga sering dihubungkan dengan dajjal. Itu dikarenakan salah satu simbol illuminati yaitu mata satu, mirip seperti perawakan dajjal yang bermata di dalam agama islam.

Uang, Pengetahuan, Zimbabwe, Dollar, Rupiah

Nah, simbol illuminati ini kabarnya juga terlihat pada ang pecahan Rp. 10.000 milik Indonesia. Untuk mengetahuinya kalian dapat melipat dua kali uang Rp. 10.000 tersebut, maka sebuah illuminati (piramida dengan satu mata) akan kalian dapatkan. Tentunya banyak pihak yang juga memperdebatkan permasalah ini, terutama netizen di Indonesia tentang benarkan lambang tersebut adalah illuminati atau hanya segitiga biasa saja.

2. Ramalan Runtuhnya Menara WTC pada pecahan 20 Dollar
Tentunya kalian masih mengingat bukan runtuhnya gedung WTC yang terjadi pada 11 Spetember 2001 yang lalu. Beberapa waktu lalu netizen sempat dibuat bingung dengan kebenaran bahwa uang pecahan 20 Dollar telah meramal kejadian tersebut. Bagaimana hal itu terjadi?

Uang, Pengetahuan, Zimbabwe, Dollar, Rupiah

Jika kita lipat seperti gambar diatas ini, maka akan terlihat sebuah gambaran seperti 2 gedung yang sedang mengalami kebakaran hebat. Gambaran tersebut nyatanya sama persis dengan penampakan gedung WTC saat runtuh beberapa tahun silam. Selain Gambaran gedung WTC, tenyata gambaran gedung pentagon yang terbakar juga terlihat jelas pada pecahan uang ini. Hal aneh yang ini tentunya membuat netizen heboh dan mengira-ngira apakah memang hal tersebut telah diramal atau hanya kebetulan semata.

3. Uang yang terbuat dari Batu di Pulau Yap
Kisah aneh berikutnya datang dari pulau Yap yang terletak di kepulauan caroline sebelah barat samudera pasifik. Jika sebelumnya kita mengenal uang terbuat dari logam atau kertas, di pulau Yap ini uang terbuat dari batu kapur dengan ukuran yang luar biasa besar. Hal ini tentunya menjadikan uang di kepulauan ini sebagai uang terbesar yang pernah digunakan oleh manusia.  Di bagian tengah mata uang yang dkenal dengan nama Ray ini terdapat sebuah lubang yang dipahat persis seperti donat. Kisaran harga atau nilai tukar uang ini ditentukan dari ukuran dan sejarah dari mana uang itu berasal.

Uang, Pengetahuan, Zimbabwe, Dollar, Rupiah

4. Nilai Tukar Mata Uang Zimbawe yang Fantastis
Pernahkah kalian membeli sebuah Roti dengan harga 600 juta dollar? Jika belum , maka kalian patut mengunjungi Zimbabwe. Di tempat ini kalian dapat membeli kebutuhan pokok dengan harga yang sangat fantatis dan tinggi.  Hal ini terjadi karena nilai tukar mata uang Zimbabwe yang terlampau merosot akibat invansi tinggi yang terjadi dalam 4 periode.

Uang, Pengetahuan, Zimbabwe, Dollar, Rupiah

Selain itu permintaan masyarakat akan nilai tunai juga menjadi pendukung terjadinya ketidak merataaan yang mengakibatkan jumlah uang lebih banyak dari nilai tukar di negara tersebut. Oleh karena itu, jangan heran jika suatu hari kalian meliaht orang membawa setumpuk uang hanya untuk membeli sebuah roti di Zimbabwe. Pemerintah disana juga telah mengantisipasi hal ini dengan cara mengeluarkan mata uang dengan nilai 10 trilliun dollar. Hal ini tentunya mengantarkan uang Zimbabwe sebagai uang dengan nominal angka terbanyak yan pernah ada.

5. Mata Uang Zaire Yang Dimodifikasi karena Benci
Tidak hanya di indoensia yang pada mata uangnya digambarkan tokoh atau pemimpin terkenal pada masanya. Di negara lain juga terdapat hal tersebut, contohnya saja mata uang Zaire. Namun, ada yang aneh dari mata uang Zaire berikut ini. Pada saah satu mata uang Zaire, terpampang jelas wajah pemimpin mereka Joseph Mobutu. Namun, karena gejolak politik yang terjadi pada tahun 1997, masyarakat Zaire pun berbalik membentik Joseph Mobutu. Masyarakat yang tidak suka wajah pemimpin mereka terdapat pada mata uang pun akhirnya menggunting bagian wajah tersebut yang akibatnya menciptakan lubang mata uang mereka. Namun anehnya, mata uang tersebut tetap dianggap sah dan secara kompak digunakan sebagai uang resmi selama beberapa saat hingga pecahan uang baru diterbitkan.

Uang, Pengetahuan, Zimbabwe, Dollar, Rupiah

6. Salah Mengeja Nama Negara
Di setiap mata uang, pasti akan terpampang jelas nama negara asal mata uang tersebut. Namun, apa jadinya jika nama yang dibanggakan tersebut salah dieja? Hal ini pernah terjadi pada mata uang negara Chili. Dalam uang koin pecahan 50 peso yang diterbitkan pada tahun 2008 tersebut, kesalahan terlihat jelas pada ejaan nama negara yang tersusun dari rangkaina n karakter C-H-I-I-E yang jika dibaca akan membentuk katak CHIIE. Hal ini tentunya membuat masyarakah chilli malu dan mengusulkan untuk menarik mata uang tersebut. Namun, hal ini ditentang oleh pemerintah Chille yang masih memilih untuk mempertahankan mata uang tersebut sampai batas wakut yang belum ditentukan.

Uang, Pengetahuan, Zimbabwe, Dollar, Rupiah

7. Emoticon Lucu pada Pecahan Uang Rp. 1.000 di Indonesia
Aksi humor yang tidak diketahui sengaja atau tidak ternata terdapat pada mata uang indoensia yang bernilai Rp. 1000. Jika diperhatikan dengan kaca pembesar pada kancing baju yang dipakai Kapitan Patimura pada pecahan uang tersebut. Kalian akan melihat sesosok emoticon smile lucu yang terselip pada baju sang pahlawan. Emoticon ini persis dengan emoticon yang sering digunakan oleh pengguna media sosial dalam menggambarkan eksperssi mereka ketika melakukan aktifitas Chatting.

Uang, Pengetahuan, Zimbabwe, Dollar, Rupiah

Scroll to Top